Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai panduan menggunakan asuransi pengangkutan laut atau marine cargo insurance untuk bisnis. Jadi untuk Anda pelaku bisnis yang belum pernah atau ingin menggunakan asuransi ini bisa menyimak beberapa informasi berikut.

Penjelasan Singkat Mengenai Asuransi Ini

Asuransi pengangkutan yang menggunakan jalur laut adalah merupakan suatu bentuk dari marine insurance yang memiliki tujuan utama dalam memberikan perlindungan kepada para tertanggung atau biasanya mereka yang memiliki bisnis eksportir, importir atau bahkan pemilik dari barang-barang pindahan.

Asuransi ini, akan melindungi dari resiko-resiko yang berpotensi untuk membawa kerugian atau kerusakan pada barang-barang selama proses pengangkutan atau pengiriman.

Pentingnya Asuransi Pengangkutan Pada Bisnis

Dalam sebuah bisnis, asuransi sendiri akan berperan penting karena akan menjaga Anda dari kerugian-kerugian yang besar. Seperti marine cargo insurance, nantinya polis asuransi pengangkutan ini akan dapat memberikan sebuah jaminan pada kerugian yang mungkin diakibatkan oleh kejadian yang tidak diprediksi atau secara kebetulan terjadi.

Dengan adanya asuransi, maka pihak asuransi akan memberikan penggantian selama barang Anda berada pada pengangkutan dan apabila masalah terjadi selama proses pengangkutan terjadi.

Apa Saja Perlindungan yang Diberikan Dari Asuransi Pengangkutan?

Ada beberapa perlindungan utama yang bisa didapatkan dengan Anda menggunakan marine cargo insurance. Berikut ini adalah beberapa perlindungan yang kalian akan dapatkan.

1. Perlindungan Barang dari Kebakaran

Asuransi pengangkutan yang diberikan pada jalur laut, akan menjamin barang Anda dari kebakaran. Jadi, apabila kapal pengangkut mengalami kejadian seperti kebakaran dan barang yang ada di dalamnya mengalami kerusakan maka nantinya Anda sebagai pemilik barang bisa mendapatkan ganti rugi.

2. Perlindungan Barang dari Ledakan

Bukan hanya kebakaran saja, akan tetapi asuransi ini akan memberikan perlindungan barang Anda dari ledakan. Jadi, apabila terjadi ledakan yang membuat barang Anda yang ada di dalam kapal mengalami kerusakan, maka pihak dari asuransi akan memberikan Anda ganti rugi. Tentu saja ini adalah hal yang menguntungkan untuk pengguna asuransi.

3. Perlindungan dari Kapal Kandas atau Karam

Sering terjadi kapal tenggelam atau karam yang memang dapat membuat rugi banyak pihak. Apabila Anda menggunakan jasa pengangkutan laut untuk mengantarkan barang yang Anda miliki baik itu ke dalam atau bahkan ke luar negeri, marine cargo insurance ini dapat menjadi opsi terbaik, karena mereka juga memberikan perlindungan dari kapal karam atau tenggelam.

Cara Klaim Marine Cargo Insurance dan Dokumen yang Harus disiapkan

Banyak yang masih bingung mengenai bagaimana cara melakukan klaim asuransi pengangkutan apabila terjadi sesuatu pada barang yang mereka miliki selama proses pengiriman. Berikut ini adalah panduan bisnis memakai asuransi pengangkutan laut yang dapat membantu Anda dalam melakukan proses klaim.

1. Cara Melakukan Klaim

  • Segera melakukan pelaporan mengenai peristiwa yang sudah terjadi dan berakibat memberikan kerugian kepada Anda kepada pihak asuransi terkait.
  • Kemudian, Anda juga bisa dengan cepat untuk melakukan tuntutan secara resmi kepada pihak yang menjadi bagian ketiga pada kasus tersebut yang menyebabkan terjadinya kerugian pada kargo yang Anda miliki tersebut.
  • Memberikan ijin kepada pihak asuransi terkait untuk dapat melakukan survey secara cepat pada lokasi kargo disimpan.
  • Anda juga tetap harus menjaga kondisi kargo agar tetap utuh selama proses Anda mengajukan klaim.

2. Dokumen Yang Harus disiapkan

  • Anda harus mempersiapkan surat tuntutan atau klaim yang resmi ke pihak asuransi.
  • Kemudian Anda dapat mengisi form klaim yang ada dan telah disediakan oleh pihak asuransi yang Anda gunakan.
  • Mempersiapkan juga mengenai surat berita acara, dan pastikan bahwa Anda juga melengkapinya dengan kronologi yang menyebabkan terjadinya kerugian.
  • Melakukan juga korespondensi dengan pihak ke III yang mungkin memang bertanggung jawab atas terjadinya kerusakan pada kargo yang Anda miliki pihak ketiga ini sendiri akan meliputi, ekspedisi, gudang, pihak pelayaran, dan lain-lain.
  • Jangan lupa untuk mempersiapkan juga polis asuransi yang asli.
  • Siapkan juga dokumen seperti invoice, faktur, dan juga siapkan packing list.
  • Persiapkan juga dokumen Bill of Lading atau Konosemen yang Anda miliki, untuk mempermudah proses klaim.
  • Siapkan juga dokumen mengenai laporan kerusakan pada kargo yang terjadi dari pelayaran.
  • Persiapkan juga laporan kargo hilang dari pelayaran apabila kargo yang Anda miliki tidak ditemukan.
  • Membuat dokumen mengenai laporan Gudang, untuk memudahkan proses mengklaim asuransi pengangkutan yang Anda miliki.
  • Jangan lupa untuk melakukan perincian mengenai barang-barang yang hilang atau mengalami kerusakan.

Panduan Memilih Marine Cargo Insurance untuk Bisnis

Berikut ini adalah panduan memilih agen marine cargo insurance terbaik untuk bisnis Anda.

1. Memiliki Kredibilitas yang Jelas

Sebuah bisnis asuransi memang mengharuskan mereka untuk memiliki kredibilitas yang jelas. Dengan begitu, maka calon klien dapat mengetahui dengan pasti kualitas dari agen asuransi tersebut. Sehingga, membuat para klien menjadi yakin untuk menggunakan jasa dari agen asuransi tersebut tanpa ragu.

2. Memilih yang Paling Bagus dari Segi Rating

Rating saat ini berbicara lebih keras daripada yang lainnya. Dengan melihat dari sisi rating maka Anda sudah bisa memastikan bahwa sebuah agen asuransi terbaik adalah yang memiliki rating paling tinggi.

3. Memilih yang Berpengalaman

Pastikan bila memilih sebuah agen asuransi, pilihlah yang memang memiliki pengalaman terbaik dan jam terbang tinggi karena tentu saja pelayanan yang diberikan oleh mereka akan sangat profesional.

Demikianlah panduan singkat dari kami untuk Anda yang masih belum begitu memahami mengenai asuransi pengangkutan laut untuk bisnis.