Kerupuk merupakan makanan yang kerap disajikan bersama dengan makanan dan salah satunya adalah kerupuk udang. Kerupuk yang ada di Indonesia memiliki banyak jenis dan rasa yang berbeda-beda sehingga Anda harus mencicipinya. Salah satu jenis kerupuk yang banyak dikonsumsi oleh banyak masyarakat adalah udang.

Kerupuk yang satu ini sangat cocok dimakan dengan nasi hangat beserta dengan lauk pauknya. Jenis kerupuk ini juga sering disajikan dengan makanan berkuah seperti opor ayam. Memakan kerupuk ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan dan bagi Anda yang penasaran bisa lihat fakta manfaatnya di bawah ini.

Manfaat Kerupuk dari Udang Untuk Kesehatan

Fakta manfaat yang bisa didapatkan dari kerupuk jenis udang untuk kesehatan adalah:

·         Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat dari jenis kerupuk yang satu ini apabila Anda konsumsi adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Kerupuk ini mengandung kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk mencegah pengeroposan tulang. Seperti yang kita ketahui bahan utama yang digunakan untuk membuat kerupuk ini adalah udang.

Udang mengandung banyak gizi dan manfaat yang bisa Anda dapatkan untuk menjaga kesehatan tulang. Apabila Anda mengonsumsi krupuk udang bisa mencegah terjadinya pengeroposan tulang yang mana masalah kesehatan ini sering terjadi pada lanjut usia.

·         Menyehatkan Gigi

Manfaat berikutnya adalah untuk menyehatkan gigi apabila dikonsumsi dengan baik. Kandungan yang terdapat di jenis kerupuk satu ini adalah kalsium dan fosfor sehingga bisa membantu dalam memperkuat gigi Anda. Selain itu, kerupuk ini juga dapat membantu pertumbuhan gigi pada anak.

Anak-anak boleh diberikan krupuk udang dalam porsi yang sesuai untuk menyehatkan gigi. Pastikan juga Anda menggunakan minyak yang sehat untuk menggoreng kerupuk yang akan diberikan ke anak.

·         Meningkatkan Energi

Manfaat dari kerupuk udang selanjutnya lagi dapat meningkatkan energi. Tidak disangka kerupuk ini ternyata dapat meningkatkan energi karena kalor yang terkandung di dalam kerupuknya cukup banyak. Hal ini dapat memenuhi asupan kalori di salam tubuh sesuai dengan kebutuhannya.

·         Menghilangkan Rasa Pedas pada Mulut

Kerupuk ini juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan rasa pedas pada mulut dengan cepat. Biasanya pada saat makan makanan yang pedas akan menyebabkan mulut terasa peda dalam beberapa waktu. Dengan mengkonsumsi kerupuk ini akan menghilangkan rasa pedas dengan cepat.

Anda bisa memakan kerupuk ini bersamaan dengan makan makanan yang pedas seperti sambil. Selain rasanya lebih nikmat, namun juga bisa mengurangi bahkan menghilangkan rasa pedas pada mulut. Hal ini bisa terjadi karena pada saat Anda mengunyah kerupuk, minyak pada kerupuk akan melumasi dan bisa membantu menetralisir rasa pedas di mulut.

·         Meningkatkan Massa Otot

Manfaat yang lainnya lagi dari kerupuk jenis ini adalah dapat meningkatkan massa otot. Bagi Anda yang ingin membentuk badan maupun menambahkan massa otot bisa konsumsi kerupuk ini mulai dari sekarang. Kandungan protein yang terkandung di dalam kerupuk ini bisa meningkatkan massa otot dalam tubuh.

Meskipun demikian, Anda harus tetap mengonsumsi makanan yang mengandung protein lainnya seperti dari nabati dan hewani.

·         Menyehatkan Sistem Pencernaan

Konsumsi kerupuk udang juga dapat menyehatkan pencernaan Anda. Kerupuk apabila konsumsi dengan baik dan benar bisa memperbaiki sistem pencernaan karena mengandung serat dan fosfor. Selain itu, konsumsi kerupuk yang satu ini bisa mencegah kanker, khususnya kanker usus besar.

·         Sistem Kekebalan Tubuh

Ternyata konsumsi kerupuk juga bisa meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh Anda. Hal ini bisa terjadi karena kerupuk jenis ini mengandung protein dan tiamina yang cukup tinggi. Manfaatnya bagi tubuh adalah untuk menyangga imunitas pada tubuh.

Pastikan Anda mengonsumsi kerupuk ini teratur sesuai dengan angka kecukupan gizi sehingga bisa mendapatkan manfaatnya untuk kekebalan tubuh Anda.

·         Sistem Reproduksi dan Bayi

Manfaat yang terakhir adalah untuk mengatur keseimbangan hormon pada kesehatan reproduksi karena mengandung fosfor yang tinggi. Selain itu, mengonsumsi kerupuk jenis ini juga bisa menopang kesehatan pada ibu hamil karena mengandung protein yang cukup tinggi hingga mendukung perkembangan pada janin juga.

Nah, itulah beberapa fakta manfaat mengonsumsi kerupuk udang untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.